Chating Melalui Telnet

Chating Melalui Telnet

Membuat koneksi langsung ke sebuah IRC server dan meluangkan sedikit waktu untuk mencoba perintah protokol IRC hingga anda bisa menggunakan program secara langsung

Jarkko Oikarinen pertama kali mengenalkan IRC ke seluruh dunia pada tahun 1988. Lima tahun yang lalu, dia benar-benar telah mendefinisikan protokol IRC dalam RFC 1459, yang membuat seluruh protokol menjadi lebih bisa diakses. Berangkat dari informasi ini, anda dapat lebih memahami protokol berbasis teks sederhana dan mempelajari cara terhbung ke IRC server tanpa menggunakan client khusus. Saat anda menguasai hal ini, anda seharusnya dengan mudah menulis program ylang terhubung ke IRC.


TIP

Anda dapat menemukan seluruh dokumen Internet RFC (Request for Comment) di http://www.faqs.org/rfcs. anda dapat mencari arsip tersebut dengan kata atau nomor dokumen. RFC 1459 dapat ditemukan di http://www.faqs.org/rfcs/rfc1459.html

Sayangnya, anda tidak perlu mengetahui seluruh spesifikasi lengkap untuk terhubung ke sebuah IRC server. Menghubungkan diri ke suatu IRC server hanya memerlukan beberapa perintah yang dikirim. Cara terbaik untuk memahami bagaimana perintah ini bekerja adalah terhubung langsung ke IRC server dengan Telnet dan mengetik perintah ini secara langsung. telnet memungkinkan anda untuk menyesuaikan koneksi TCP ke sebuah port pada remote machine dan tinggal mulai mengetik perintah yang berfungsi service listening pada port tersebut.

Kebanyakan IRC server dijalankan pada port 6667, walaupun anda bsia saja menemukan beberapa operasi tersebut pada nomor port yang berbeda untuk membantu user yang terhalang firewall perusahaan. Pada contoh ini, anda dapat mencoba menghubungkan diri ke jaringan freenode IRC dengan menjalankan Telnet dari command prompt dengan parameter baris perintah berikut:

% telnet irc.freenode.net 6667

Jika koneksi tersebut berhasil, anda akan melihat server merespon dengan sesuatu seperti ini:

NOTICE AUTH :*** Looking up your hostname...

NOTICE AUTH :*** Found your hostname, welcome back

NOTICE AUTH :*** Checking ident

NOTICE AUTH :*** No identd (auth) response

Meski socket tersebut pada dasarnya terhubung ke IRC server, anda masih harus melakukan beberapa hal. RIC server perlu mengetahui login anda, real name dan nickname yang ingin anda gunakan.

Perintah NICK digunakan untuk menetapkan nickname anda. Dilakukan secara langsung, jadi jika anda ingin nickname “si_cebol”, maka tinggal mengetik ke Telnet Window tersebut dan menekan Enter.

NICK si_cebol

Jika nick name tersebut telah didaftar orang lain pada server tersebut, anda diberitahukan untuk tetap mengirim perintah yang sama dengan nickname yang berbeda pada suatu waktu, hingga anda menemukan salah satu yang sesuai. Jenis pesan inilah yang akan anda lihat jika nickname yang dipilih telah digunakan orang lain.


:kornbluth.freenode.net 433 * si_cebol :Nickname is already in use.

Perintah USER yangdigunakan untuk login, mode user dan real name. Jika mau untuk login “si_cebol” maka tinggal mengetikkan perintah berikut, kemudian tekan Enter.

USER si_cebol 8 * : Iwan Permana

Kebanyakan server saat ini menggunakan perintah dari IRC RFC 2812 yang diupdate. Perintah User membuat penggunaan beberapa fitur tertentu dalam update dokumen ini. Terutama, angka 8 adalah numeric mode parameter yang digunakan secara otomatis untuk menetapkan mode user saat mendaftar pada server tersebut. Paramater ini merupakan sebuah bit mask, dengan bit 2 yang mewakili user mode w dan bit 3 yang mewakili user mode i, jadi menggunakan nilai 8 artinya bahwa anda menanyakan server tersebut untuk menetapkan mode invisible bagi anda. Sekarang, tinggal 2 bit yang tergolong signifikan. Juga perlu dicatat bahwa teks setelah tanda : adalah dimana anda mengisikan real name.

Setelah berhasil mengirimkan perintah NICK dan USER, server tersebut akan mengirimkan beberapa baris teks kepada anda. Jika tidak terjadi apapun untuk beberapa sat, jangan cemas—server tersebut mungkin mengalami gangguan suatu artificialdelay hingga 1 menit, jika tidak menemukan suatu Ident server yang dijalankan pada mesin anda. Pertama kali, beris tersebut dikirm dari server yang jarang terpengaruh kondisi ini, tapi mungkin anda mengenal beberapabagian dari message of the day “You are now connected to the IRC server!

TIP

Ident (Identification Protocol) merupakan dokumentasi RFC 1413. Lihat http://www.faqs.org/rfcs/rfc1413.html untuk keterangan lengkapnya.

Sekarang anda telah terhubung, anda dapat menggunakan fungsi IRC client secara total sepanjang yang bisa dilakukannya.

Staying Alive

Terkadang kesulitan pada IRC server untuk menjaga track yang masih terhubung. Satu trik yang mereka lakukan adalah mengirim perintah PING ke client yang tidak melakukan aktifitas apapun. Client tersebut diahrapkan merespon dengan pesan PONG atau katakanlah, “Hei, Saya masih disini!” Jika client tersebut tidak merespon dalam suatu waktu, server tersebut akan menutup koneksinya. Aturan Umum yang berlaku, PONG reply harus termasuk argumen yang dikirim sebagai bagian dari perintah ping dari server tersebut. Jadi jika anda menerima pesan berikut ini:

PING :kornbluth.freenode.net

Anda akan me-reply dengan perintah PONG berikut:

PONG :kornbluth.freenode.net

Join ke Channel dan Mengirim Pesan

Perintah IRC client seperti /join dan /msg tidak akan bekerja disini, anda harus menyesuaikan dengan protokol langsung tersebut. Anda dapat menganggap koneksi Telnet sebagai suatu bentuk primitif IRC client—anda masih bisa melakukan apapun yang bisa IRC client lakukan, hanya saja terlihat sedikit kaku dan perintahnya berbeda. Meski begitu, masih lebih mudah join ke channel dan mengirim pesan ke user lain. Untuk join ke channel #irchacks, anda harus mengetik.

JOIN #irchacks

Jika seluruhnya berjalan baik, anda dapat melihat IRC server me-reply dengan beberapa baris teks. IRC client menggunakan baris ini untuk menetapkan siapa yang ada dalam channel tersebut jadi mereka dapat mengupdate daftar usernya. Untuk saat ini, anda tidak perlu mencemaskan tentang bagaimana proses informasi tersebut.

Mengirimkan pesan tanpa instuisi yang jelas dapat dilakukan dengan perintah PRIVMSG. Sebagaimana yang anda harapkan dari nama terserbut, perintah ini dapat digunakan untuk mengirim private message ke user lain, juga dapat digunakan untuk mengirim pesan ke channel yang ada. Untuk mengirim pesan ke channel #irchacks, anda dapat mencoba perintah berikut:

PRIVMSG #irchacks :Hello everybody!

Mengirimkan private message cukup mudah—tinggal mengunakan nickname penerima pesan yang ditempatkan pada nama channel tersebut. Jika anda ingin mengirim suatu private message ke user dengan nickname “B0iler”, anda ketik saja:

PRIVMSG

B0iler

Hi B0iler.

Ketika anda bosan dengan memamerkan keahlian protokol yang baru anda temukan, anda dapat keluar dari server tersebut dengan perintah QUIT. Penggunaan perintah ini akan menyebabkan server tersebut menutup koneksi anda.

QUIT

Perintah QUIT dapat menggunakan parameter opsi. Parameter tersebut harus didahului dengan sebuah karakter ‘:’ apapun yang anda ketikan akan ditampilkan ke user lain, sebagai alasan mengapa anda keluar dari server tersebut.

QUIT :Telnet is cool!

Apapun metode yang anda gunakan untuk keluar dari server, sebelum disconnect, akan merespon dengan suatu baris:

ERROR :Closing Link: si_cebol (Client Quit)

Juga dimungkinkan untuk anda menutup koneksi dengan menutup Telnet, namun ahal ini tidak memungkinkan anda untuk mengetikan alasan anda keluar dari server tersebut.

Bila seluruh perintah diketik dalam huruf kapital, anda mungkin menemukan bahwa kebanyakan server bsia menerima kebijakan tersebut. Saat ini yang anda mengetahui apa yang harus diketik untuk terhubung ke IRC server, berikutnya kita akan belajar membuat program yang menghubungkan diri kita ke IRC server.

Salam.

Sumber :
Indonewbies.tk


Share this article :

ARTIKEL TERKAIT:

 

Posting Komentar

 
Support : Author This Web | Free Template | Free Download
Copyright © 2013. Dunia IT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Maman Lukman
Proudly powered by Blogger