Ibu Ainun Habibie Wafat


Metrotvnews.com, Jakarta: Hasri Ainun Habibie, istri mantan Presiden BJ Habibie, meninggal di Rumah Sakit Ludwig Maximilians Universitat, Klinikum, Muenchen, Jerman. Ia meninggal Sabtu (22/5) pukul 17.30 waktu setempat atau 22.30 WIB. Kepastian meninggalnya Hasri Ainun didapat Metro TV dari Ali Mochtar Ngabalin, mantan anggota DPR yang ditunjuk menjadi wakil keluarga BJ Habibie.

Hasri Ainun masuk rumah sakit sejak 23 Maret 2010. Kondisinya sempat membaik sebelum akhirnya kembali mengalami kritis. Ia mengalami gangguan pada kolon. Ada kanker di sana, sehingga usus besarnya harus dipotong. Sejak masuk rumah sakit ia menjalani operasi selama 12 kali. Usianya yang mencapai 72 tahun membuatnya kian lemah.


Menurut Ali Mochtar Ngabalin, adik BJ Habibie, Junus Effendy atau Fanny Habibie, meminta agar kabar ini disampaikan kepada seluruh warga Indonesia. "Jika ada kekurangan, dan salah, agar dimaafkan dan menyampaikan berita duka ini. Keluarga meminta agar warga Indonesia bisa memafaafkan dan dimudahkan perjalanannya," kata Ngabalin.


Saat ini jenazah sudah dibawa ke kediaman BJ Habibie. Semua keluarga besar Habibie sudah berada di sana, tinggal Ilham Habibie, salah satu putra pasangan Hasri Ainun-BJ Habibie, yang masih dalam perjalanan. Ngabalin menceritakan, meninggalnya Hasri Ainun membuat BJ Habibie amat terpukul.


Untuk proses pemulangan jenazah dan pemakaman, kata Ngabalin, ia sudah berkoordinasi dengan Sekretariat Negara. Ngabalin sudah bicara dengan Setwapres. Menurut Junus Effendy Habibie atau Fanny Habibie, adik BJ Habibie, yang dihubungi melalui saluran telepon, jenazah Hasri Ainun Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Fanny memperkirakan, jenazah baru bisa dibawa ke Jakarta, Selasa pekan depan. Sebab, hingga Senin (24/5), di Jerman libur. "Kecuali kalau memang surat-menyurat selesai sebelum itu," kata Fanny.


Ainun Habibie terlahir sebagai Hasri Ainun Besari. Ia lahir pada 11 Agustus 1937 di Semarang, Jawa Tengah. Ia menikah dengan BJ Habibie pada 12 Mei 1962. Ainun merupakan anak keempat dari delapan bersaudara putra Haji Mohammad Besari.


Selepas kuliah dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Ainun pernah bekerja di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta. Saat bekerja di RSCM, Ainun tinggal di asrama belakang Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo di Jalan Kimia, Jakarta Pusat.

Setelah menikah, Ainun-BJ Habibie berbulan madu ke Kaliurang, Ygyakarta, sebelum akhirnya diboyong ke Makassar, Sulawesi Selatan. Pernikahannya dengan BJ Habibie, yang kemudian terpilih menjadi Presiden ketiga RI, dikaruniai dua putra, yakni Ilham Akbar dan Thareq Kemal, serta empat orang cucu. Setelah BJ Habibie lengser dari kursi kepresidenan, sang mantan ibu negara ini juga ikut aktif dalam Habibie Center sebagai salah seorang deputi. (DOR)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama