Ini Kesaksian Alterina, Lelaki Transgender yang Dibui


TEMPO Interaktif, Jakarta - Kumisnya tampak mulai tumbuh tipis. Begitu pula janggutnya yang tak sempat dicukur. Alterina Hofan, 32 tahun, memang tampak berantakan. Tapi dia semringah menyambut Tempo di Rumah Tahanan Khusus Wanita Pondok Bambu, Jakarta, kemarin.

Sebuah cincin emas putih tersemat di jari manisnya. Itulah perlambang cinta dan bukti ikatan perkawinannya dengan sang istri, Jane Hadipoespito, 23 tahun. Setelah sekitar satu jam berbincang-bincang, Jane datang membesuk. Perempuan itu menghampiri Alter dan memeluknya erat. Alter memperkenalkan belahan jiwanya itu, "Ini istri tercinta saya, Jane."

Alter dan Jane sedang dalam sorotan khalayak. Kisah cinta pasangan ini memicu sensasi tatkala orang tua Jane melaporkan Alter ke polisi. Alter dituduh memalsukan identitas. Menurut orang tua Jane, Alter sejatinya adalah seorang perempuan yang memalsukan jati dirinya sebagai lelaki. Mereka tak terima Alter menikahi Jane.

Menurut Ibnu Siena, pengacara Alter, kliennya memang mengalami sindrom kinefleter sejak lahir. Sindrom itu dibuktikan dengan pemeriksaan forensik oleh Dokter Mu'nim Idris dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Hasilnya, Alter dinyatakan sebagai pria tulen karena memiliki testis.

Namun hasil pemeriksaan fisik ternyata berbanding terbalik dengan tes DNA. Alter diketahui memiliki kelebihan kromosom X sehingga dinyatakan sebagai wanita.

Alter mengakui dulu pernah memiliki payudara walaupun kecil. Saat menginjak usia 28 tahun, payudara tersebut dioperasi di Kanada. "Pengangkatan itu sebuah rekonstruksi karena pada dasarnya saya memang pria."

Alter merasa bukan seorang wanita sejak berusia balita. Saat itu dia tahu alat kelaminnya yang baru tumbuh adalah milik laki-laki. "Walaupun tidak berukuran seperti yang lain, tapi itu memang testis," kata dia.

Alter mengadukan hal tersebut kepada ibunya, namun sang ibu tetap menyuruh dia memakai rok dan menjadi wanita. Sebab, "Ibu kadung malu telah bilang sama semua orang anaknya perempuan." Dalam akta lahir pun dia dinyatakan sebagai perempuan.

Tapi Alter, yang menggeluti usaha bidang perhiasan, merasa dirinya laki-laki. Dia bertekad mengumpulkan uang untuk operasi. Pada saat usia 28 tahun, uang pun terkumpul. "Saya langsung rekonstruksi tubuh."

Pada 2006, Alter mengubah aktanya sebagai laki-laki. Dengan status barunya itulah Alter menikahi Jane di Las Vegas pada 9 September 2008.

Dan, hal itulah yang membawanya terdampar di balik rutan kini.
Share this article :

ARTIKEL TERKAIT:

 

Posting Komentar

 
Support : Author This Web | Free Template | Free Download
Copyright © 2013. Dunia IT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Maman Lukman
Proudly powered by Blogger