Wordpress Hadir di Perangkat Nokia

Wordpress merupakan platform blogging open source dan gratis yang paling populer di dunia dengan lebih dari 27 juta pengguna dari seluruh penjuru dunia. Di Indonesia sendiri layanan Blogger dari Google masih merajai pasar blogging, namun pengguna Wordpress  sendiri terus meningkat dengan pertumbuhan yang cukup signifikan setiap tahunnya.
Dan sebagai salah satu wujud dari strategi mobile-nya, Wordpress  hari ini secara resmi meluncurkan aplikasi Wordpress  untuk perangkat mobile Nokia yang bisa langsung diunduh dari Nokia Ovi Apps. Di aplikasi ini, pengguna Wordpress  bisa menulis entri blog langsung dari perangkat mobile dan juga melakukan pemeliharaan seperti mengatur komentar dan juga mengunggah gambar dan video.
Automattic, perusahaan pengembang di belakang Wordpress , menyatakan bahwa saat ini aplikasi Wordpress untuk Nokia sudah live dan bisa diunduh di Nokia Ovi Store, namun aplikasi ini justru belum mendukung perangkat Nokia dengan OS Symbian3 seperti N8, C6, C7 dan lainnya. Pihak Automattic sendiri mengaku sedang mengembangkan aplikasi ini lebih lanjut untuk semua versi Nokia dan semua varian OS Symbian.
Sama seperti induknya, aplikasi Wordpress  untuk Nokia ini juga mengusung konsep Open Source dimana pengembang bebas untuk mengunduh kode sumber dari aplikasi ini dan membantu dalam proses pengembangan lebih lanjut. Saat ini Wordpress  sudah memiliki puluhan ribu pengembang yang membantu pengembangan platform Wordpress dan pluginnya. Bahkan di Indonesia sudah dua kali mengadakan WordcampID, sebuah event untuk pengembang Wordpress .
Dengan 3.5% pengguna Wordpress  menggunakan Bahasa Indonesia, dan juga mengingat masih besarnya jumlah pengguna Nokia di Indonesia maka bisa jadi aplikasi Wordpress  untuk Nokia ini mampu merebut pengguna baru dari Indonesia. Apalagi kompetitor terdekatnya, Google Blogger, sepertinya tidak melakukan apapun untuk mengembangkan layanannya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama