Silakan Coba, Belajar, Lalu Beli




Silakan Coba, Belajar, Lalu Beli
JAKARTA, Sebuah toko perangkat ponsel sejatinya tak melulu menawarkan produk. Konsep menjual saja sudah dianggap ketinggalan zaman. Sementara begitu banyak ponsel dengan fitur dan fasilitas canggih hadir hampir setiap bulan. Salah satu kebiasaan konsumen Indonesia adalah membeli karena faktor desain. "Mereka banyak yang belum paham betapa banyak fitur yang bisa dioptimalkan," ujar Andre Tanudjaja, Head of Retail Nokia Indonesia.
Menurutnya, mereka yang membeli di gerai-gerai seperti di pusat perdagangan ponsel memang tak memperoleh pemahaman yang detil tentang ponsel yang dibelinya. Boro-boro memahami berbagai layanan yang disediakan oleh Nokia, OVI pun banyak yang belum kenal. Padahal Nokia rajin betul menawarkan ponsel pintar yang sarat fitur dan aplikasi.
Karena itulah, Nokia Global lantas menyusun sebuah konsep store baru yang di dalamnya menyajikan tidak melulu penjualan produk. Namun juga ada edukasi, konsultasi, hingga uji coba produk dengan menggunakan ponsel sebenarnya, bukan sekadar produk demo.  Rancang bangun gerai ini dibuat efisien, terbagi ke dalam beberapa segmen. Yang paling penting, sekarang pengguna bisa memperoleh informasi yang lebih jelas tentang berbagai layanan OVI, khususnya OVI Music, OVI Store, dan OVI Map. Tak ketinggalan demo produk yang berkapabilitas HDMI di mana pengunjung dapat menikmati kualitas audio dan video yang sebenarnya, seperti pada Nokia N8.
Store ini sendiri tak terbatas hanya di kawasan pusat perbelanjaan macam mal. Bisa pula di gerai khusus. Namun, kata Andrea Facchini, Head of Marketing Nokia Indonesia, dengan memilih di pusat perbelanjaan secara otomatis menarik pengunjung yang kebetulan datang.
Nokia New Concept Store ini juga lebih ringkas. Tak heran jika luas gerai pun tidak menyita ruangan. Ada dua jenis gerai, yaitu berukuran luas 60 hingga 100 meter persegi, serta 100 hingga 150 meter persegi. Investasi yang disiapkan untuk setiap gerai antara 60 ribu hingga 180 ribu dollar.
Untuk pertama kalinya, mitra Nokia, PT Trikomsel yang memiliki brand store OKE Shop pun menggelar toko baru ini tepatnya di Mal Kelapa Gading 3, Jakarta Timur. Gerai ini sekaligus menjadi yang pertama berdiri di kawasan Asia Tenggara dan Pasifik.
Menurut Andre, masih ada sektar 50 gerai lagi yang direncanakan akan mengikuti konsep serupa pada tahun 2011. Lantas bagaimana dengan Nokia Care dan gerai-gerai Nokia lainnya yang sudah berdiri?
Kelak akan mengikuti konsep serupa. Selain Nokia New Concept Store, juga akan berdiri Nokia Solution Partner dan Nokia Store. Jadi walaupun Anda membeli produk Nokia di Roxy Mas misalnya, asal produk original, Anda tetap bisa menikmati gerai dengan konsep baru ini. (ANDRA/FORSEL)
Share this article :

ARTIKEL TERKAIT:

 

Posting Komentar

 
Support : Author This Web | Free Template | Free Download
Copyright © 2013. Dunia IT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Maman Lukman
Proudly powered by Blogger