Tips Menggelar Kopi Darat


Komunitas online makin banyak saja. Ini tak lepas dari bertambahnya produk berbasis komunitas di ranah daring Indonesia.
Persebaran komunitas pun semakin merata. Tak hanya di kota-kota megapolitan macam Jakarta, Bandung, dan Surabaya, tapi juga hingga ke Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.
Satu yang tak bisa dipisahkan dari keberadaan komunitas daring adalah kopi darat atau yang sering disingkat kopdar. Berawal dari era komunikasi radio amatir, istilah kopdar terus bertahan hingga ke zaman internet sekarang ini.
Saat kopdar, kita bertemu dengan teman-teman yang biasanya hanya kita temui di layar komputer. Teman lama dan baru bersua dalam obrolan ringan seputar berbagai hal.
Saya ingin berbagi beberapa hal yang dirasa perlu diperhatikan saat ingin menyelenggarakan sebuah kopdar untuk komunitas online Anda.
Kenali anggota. Komunitas biasanya memiliki berbagai tipe anggota. Tidak jarang di suatu komunitas online berkumpul orang-orang dari latar belakang, profesi dan hobi yang berbeda-beda.
Dengan mengenali latar belakang itu, rencana kopdar bisa dimatangkan. Libatkan para anggota. Cobalah tanyakan apa yang diinginkan untuk mengisi acara nantinya.
Cocokkan tema. Ini seringkali penting. Tentu saja tema yang diambil sebaiknya sesuai dengan minat para anggota. Bentuk kopdar bisa dari sekadar berkumpul di kedai kopi untuk berbincang-bincang, hingga menggelar talkshow atau workshop.
Perhatikan lokasi dan waktu. Jangan sampai anda memilih lokasi dan waktu yang salah. Sesuaikan dengan, misalnya, domisili para peserta kopdar. Jangan juga memilih tanggal tua saat dana tengah minim.
Woro woro. Jika Anda menginginkan semakin banyak anggota baru hadir di kopdar, maka diperlukan strategi promosi yang baik. Manfaatkanlah fasilitas dari situs-situs jejaring sosial yang saat ini sedang digandrungi netizen, misalnya Facebook dan Twitter.
Perhatikan juga pemilihan kata juga perlu diperhatikan. Jelaskan dengan singkat, padat, dan menarik mengenai kopdar Anda. Hindari penyingkatan kata yang bisa membingungkan. Ingat juga, undangan kopdar Anda juga bisa dibaca orang di luar komunitas. Ini bisa jadi nilai tambah untuk komunitas.
Semoga tips sederhana di atas dapat membantu Anda membesarkan komunitas. Selamat kopdar!
Share this article :

ARTIKEL TERKAIT:

 

Posting Komentar

 
Support : Author This Web | Free Template | Free Download
Copyright © 2013. Dunia IT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Maman Lukman
Proudly powered by Blogger